10 Contoh Persamaan Reaksi Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari

Reaksi kimia terjadi di dunia sekitarmu, tidak hanya di laboratorium. Materi berinteraksi untuk membentuk produk baru melalui proses yang disebut reaksi kimia atau perubahan kimia. Setiap kali kamu memasak atau membersihkan sesuatu, itu adalah tindakan kimia. Tubuhmu hidup dan tumbuh berkat reaksi kimia. Ada reaksi kimia saat kamu minum obat, menyalakan korek api, dan menarik napas. Berikut ini adalah 10 contoh persamaan reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari.

1. Fotosintesis

Reaksi Fotosintesis contoh persamaan reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari

Tanaman menerapkan reaksi kimia yang disebut fotosintesis untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi makanan (glukosa) dan oksigen. Fotosintesis adalah salah satu contoh persamaan reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari yang paling umum dan juga salah satu yang terpenting, karena dengan begitu tanaman menghasilkan makanan untuk dirinya sendiri dan makhluk hidup lainnya dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Persamaan reaksi kimia fotosintesis adalah sebagai berikut:

Pelajari Juga:  40 Contoh Soal Kimia Kelas XI beserta Jawabannya PDF (Semester II)

6CO2 + 6H2O → C6H12O6 + 6O2

2. Respirasi Aerob

Proses Respirasi Aerob

Respirasi aerob adalah proses fotosintesis yang menghasilkan energi kimia dalam bentuk ATP.  Persamaan reaksi kimia respirasi aerob adalah sebagai berikut:

C6H12O6 + 6O2 → 6CO2 + 6H2O + energi (36 ATP)

3. Respirasi Anaerob

Tahapan Respirasi Anaerob

Berbeda dengan respirasi aerob, respirasi anaerob menggambarkan sekumpulan reaksi kimia yang memungkinkan sel mendapatkan energi dari molekul kompleks tanpa oksigen. Persamaan reaksi kimia respirasi anaerob adalah sebagai berikut:

C6H12O6 → 2C2H5OH + 2CO2 + energi

4. Pembakaran

Pembakaran Kertas

Reaksi pembakaran adalah reaksi kimia yang terjadi antara molekul rantai karbon dengan oksigen untuk menghasilkan gas karbon dioksida dan uap air. Contohnya reaksi pembakaran gas propana:

C3H8 + 5O2 → 3CO2 + 4H2O

5. Korosi

Korosi adalah proses alami yang melibatkan kerusakan komponen logam. Misalnya korosi yang terjadi pada besi, reaksi kimianya:

Fe + O2 + H2O → Fe2O3.XH2O

6. Pencampuran

Baking Soda

Contohnya reaksi pencampuran baking soda dan cuka:

HC2H3O2(aq) + NaHCO3(aq) → NaC2H3O2(aq) + CO2(g) + H2O

7. Elektrokimia

Baterai

Baterai menggunakan reaksi elektrokimia atau redoks untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Reaksi redoks spontan terjadi pada sel galvanik, sementara reaksi kimia nonspontan terjadi pada sel elektrolitik.

Pelajari Juga:  4 Cara Menghitung Konsentrasi Larutan dalam Persen

8. Proses Pencernaan

Pencernaan Manusia

Ribuan reaksi kimia berlangsung selama pencernaan. Ketika kamu memasukkan makanan ke dalam mulutmu, enzim dalam air liur yang disebut amilase mulai memecah gula dan karbohidrat lainnya menjadi bentuk yang lebih sederhana yang dapat diserap tubuh. Asam hidroklorida di perut bereaksi dengan makanan untuk memecah makanan tersebut, sementara enzim mengubah protein dan lemak sehingga bisa diserap ke dalam aliran darah melalui dinding usus.

9. Reaksi Asam Basa

Zat Asam Basa

Kapan pun kamu mencampurkan asam (misalnya., cuka, jus lemon, asam sulfat, asam muriatic) dengan basa (misalnya baking soda, sabun, amonia, aseton), kamu akan melakukan reaksi asam basa. Reaksi asam basa menetralkan asam dan basa untuk menghasilkan garam dan air.

Misalnya, persamaan reaksi kimia untuk reaksi asam basa yang menghasilkan kalium klorida:

HCl + KOH → KCl + H2O

10. Sabun dan Deterjen

Sabun

Sabun dan deterjen membersihkan kotoran dengan cara reaksi kimia. Sabun mengemulsi kotoran, yang berarti noda berminyak berikatan dengan sabun sehingga bisa diangkat dengan air. Deterjen bertindak sebagai surfaktan, menurunkan tegangan permukaan air sehingga bisa berinteraksi dengan minyak, mengisolasinya, dan membilasnya.

Tinggalkan Balasan