7 Reaksi Senyawa Hidrokarbon dan Contohnya

Reaksi senyawa hidrokarbon dapat terjadi karena adanya senyawa-senyawa non-polar pada suhu tinggi. Reaksi-reaksi senyawa hidrokarbon yang mungkin terjadi yaitu reaksi pembakaran, reaksi eliminasi, reaksi substitusi (halogenasi), reaksi adisi, reaksi perengkahan (cracking), reaksi isomerisasi (reforming), dan reaksi polimerisasi.

1. Reaksi Pembakaran

Reaksi pembakaran disebut juga dengan reaksi oksidasi. Reaksi ini terjadi ketika suatu senyawa hidrokarbon bereaksi dengan oksigen hingga menghasilkan karbon dioksida dan uap air. Semakin tinggi homolog, maka oksigen (O2) yang dibutuhkan juga semakin banyak.

Reaksi pembakaran yang terjadi adalah sebagai berikut.

CxHy + O2 → CO2 + H2O

Contoh reaksi pembakaran adalah sebagai berikut.

  1. CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O
  2. 2C2H6 + 7O2 → 4CO2 + 6H2O
  3. C3H8 + 5O2 → 3CO2 + 4H2O
2. Reaksi Eliminasi

Reaksi eliminasi adalah reaksi pembentukan ikatan rangkap dengan melepas gugus-gugus di sekitar atom karbon yang berikatan. Reaksi eliminasi terjadi pada senyawa hidrokarbon jenuh dan menghasilkan senyawa hidrokarbon tidak jenuh. Contoh reaksi eliminasi adalah sebagai berikut.

  1. C2H5Cl(aq) → C2H4 (aq) + HCl(aq)
  2. C3H7Br → C3H6 + HBr
  3. C3H8 → C3H6 + H2
Pelajari Juga:  10 Contoh Reaksi Eliminasi Alkana (Hidrokarbon Jenuh)
3. Reaksi Substitusi (halogenasi)

Reaksi substitusi atau halogenasi adalah penggantian unsur H dengan unsur halogen (F, Cl, Br, I, At, dan Ts). Reaksi substitusi terjadi pada senyawa alkana. Contoh reaksi substitusi yaitu sebagai berikut.

  1. CH4 + Cl2 → CH3Cl + HCl
  2. CH3Cl + Cl2 → CH2Cl + HCl
  3. CH4 + 4Cl2 → CCl4 + 4HCl
  4. CH2Cl2 + 2F2 → CF2Cl2 + 2HF
4. Reaksi Adisi

Reaksi adisi adalah reaksi pemutusan ikatan rangkap oleh senyawa H2, halogen atau asam halida. Pada senyawa alkena terjadi satu kali reaksi adisi sedangkan pada senyawa alkuna terjadi dua kali reaksi adisi.

Pada reaksi adisi menggunakan asam halida maka akan berlaku aturan Markovnikov yang berbunyi:

Atom H dari HX (asam halida) berikatan pada atom C ikatan rangkap yang lebih banyak mengikat atom H dengan kata lain (yang kaya makin kaya).

Contoh reaksi adisi adalah sebagai berikut.

Reaksi Adisi Propena oleh H2
Reaksi Adisi Propena oleh H2
Reaksi Adisi 2-pentena oleh asam bromida (HBr)
Reaksi Adisi 2-pentena oleh asam bromida (HBr)
Reaksi Adisi Propuna oleh 2H2
Reaksi Adisi Propuna oleh 2H2
5. Reaksi Perengkahan (cracking)

Reaksi perengkahan adalah reaksi pemutusan rantai karbon menjadi beberapa rantai karbon. Reaksi perengkahan umumnya terjadi pada senyawa alkana dan menghasilkan senyawa alkena, alkuna, serta H2. Contoh reaksi perengkahan adalah sebagai berikut.

  1. C4H10 → C4H8 + H2
  2. C10H22 → C8H18 + C2H4
Pelajari Juga:  Contoh Reaksi Kimia Yang Merugikan
6. Reaksi Isomerisasi (reforming)

Reaksi isomerisasi adalah reaksi pengubahan rantai karbonlurus menjadi rantai karbon bercabang. Reaksi isomerisasi dapat terjadi pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna. Contoh reaksi isomerisasi adalah sebagai berikut.

Reaksi Isomerisasi Butana Menjadi 1-metilpropana
Reaksi Isomerisasi Butana Menjadi 1-metilpropana
7. Reaksi Polimerisasi

Reaksi polimerisasi adalah reaksi penggabungan molekul-molekul kecil (monomer) menjadi molekul-molekul besar (polimer) melalui proses pemutusan ikatan rangkap. Reaksi polimerisasi terhadi pada senyawa alkena dan alkuna. Contoh reaksi polimerisasi adalah sebagai berikut.

Contoh Reaksi Polimerisasi

Tinggalkan Balasan