Pengertian Energi Terbarukan Menurut Para Ahli

Energi terbarukan adalah sumber energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui secara terus-menerus. Definisi ini dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang dan bidang keahlian para ahli. Berikut adalah beberapa pengertian energi terbarukan menurut para ahli:

  1. Menurut International Renewable Energy Agency (IRENA): IRENA mendefinisikan energi terbarukan sebagai energi yang dihasilkan dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperti matahari, angin, air, dan biomassa, yang secara alami dapat dipulihkan atau diperbarui.
  2. Menurut United States Environmental Protection Agency (EPA): EPA menyebutkan bahwa energi terbarukan berasal dari sumber daya alam yang diperbaharui secara alami, seperti cahaya matahari, angin, air, dan panas bumi. Sumber-sumber ini dapat diperbarui lebih cepat daripada mereka digunakan.
  3. Menurut International Energy Agency (IEA): IEA mendefinisikan energi terbarukan sebagai energi yang dihasilkan dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak akan habis dalam jangka waktu manusia yang signifikan. Ini mencakup sumber-sumber seperti matahari, angin, air, dan biomassa.
  4. Menurut Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Indonesia: BATAN mengartikan energi terbarukan sebagai energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti energi matahari, angin, biomassa, dan air. Sumber daya ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa mengurangi ketersediaannya di masa depan.
Pelajari Juga:  Struktur Lemak dan Minyak

Penting untuk diingat bahwa definisi ini mencerminkan kesepakatan umum, tetapi para ahli mungkin menambahkan nuansa tambahan sesuai dengan konteks atau spesifikasinya masing-masing. Energi terbarukan dianggap penting karena dapat membantu mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.