Rangkuman Struktur dan Fungsi Batang Tumbuhan

Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang umumnya berada di atas tanah, serta tempat melekatnya daun, bunga, dan buah.

A. Struktur Batang Tumbuhan

Gambar Struktur Batang
Gambar Struktur Batang Image via zenius.net

Pada bagian batang tumbuhan terdapat buku (nodus) dan ruas (internodus). Nodus pada batang tumbuhan merupakan tempat melekatnya daun, bunga dan tunas. Sedangkan internodus merupakan bagian batang tumbuhan yang letaknya di antara Nodus.

Pada  batang tumbuhan monokotil memiliki ruas-ruas batang yang terlihat jelas, sedangkan pada batang tumbuhan dikotil ruas-ruas batang tidak terlihat jelas.

Bagian batang yang tumbuh memanjang adalah pada bagian pucuk. Pada pucuk batang terdapat jaringan meristem. Jaringan meristem yang terdapat di pucuk batang menghasilkan sel-sel yang membentuk jaringan dermis, jaringan dasar, dan jaringan pengangkut. Berbagai jaringan tersebut membentuk batang. Pertumbuhan melebar pada batang dihasilkan oleh jaringan meristem lateral (kambium). Kambium terdapat di antara jaringan pengangkut xilem dan floem.

Sebelum terjadi pertumbuhan menebal sekunder, bagian struktur batang tumbuhan sama dengan bagian struktur akar yaitu epidermis, korteks, endodermis, dan stele.

Pelajari Juga:  6 Contoh Soal Alat Optik Mikroskop dan Pembahasannya
1. Jaringan Epidermis Batang

Sel-sel penyusun jaringan epidermis selalu aktif membelah untuk mengimbangi pertumbuhan batang. Fungsi utama jaringan epidermis pada batang yaitu sebagai lapisan pelindung jaringan di bawahnya. Batang tumbuhan dikotil mempunyai lapisan epidermis berupa kulit kayu yang terbentuk dari jaringan gabus. Jaringan gabus mempunyai celah-celah berupa lentisel untuk memelihara perubahan gas.

2. Jaringan Korteks Batang

Jaringan kortes merupakan suatau lapisan batang yang tersusun atas jaringan parenkim yang berkloropas.

3. Jaringan Endodermis Batang

Jaringan endodermis batang merupakan suatu lapisan yang paling dalam dan berbatasan dengan silinder pusat. Lapisan ini mempunya sel-sel yang mengandung butiran-butiran zat tepung.

4. Silinder Pusat atau Stele

Silinder pusat atau stele merupakan lapisan yang berada di bagian dalam batang yang tersusun atas beberapa jaring, seperti berkas pengangkut (xilem dan floem), empulur (jaringan parenkim), dan perikambium.

B. Fungsi Batang Tumbuhan

Hampir semua batang tumbuhan mempunyai tiga fungsi utama yaitu menopang tegaknya tumbuhan, mengangkut air dan zat mineral ke daun, serta pengangkut zat makanan dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Namun jika kita perluas lagi, maka fungsi batang tumbuhan setidaknya ada 7 yaitu:

  1. Sebagai penopang atau penyokong tumbuhan agar tegak berdiri
  2. Sebagai jalur transportasi air dan mineral lainnya yang diserap akar untuk disalurkan ke daun.
  3. Sebagai jalur transportasi zat makanan hasil fotosintesis.
  4. Sebagai tempat melekatnya bagian-bagian tumbuhan seperti daun, bunga, buah, dan akar.
  5. Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif
  6. Pada tanaman tertentu seperti tebu, batang digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan
  7. Sebagai tempat membantu proses pernapanan