Konsep Redoks Berdasarkan Kenaikan dan Penurunan Bilangan Oksidasi

Bilangan oksidasi adalah bilangan yang menyatakan jumlah elektron suatu unsur yang terlibat dalam pembentukan ikatan. Untuk mempermudah kita dalam mempelajari konsep-konsep redoks termasuk konsep redoks berdasarkan kenaikan dan penurunan biloks. Lantas, para ahli membuat kesepakatan untuk kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi (biloks) tiap-tiap unsur. Konsep redoks berdasarkan kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi suatu unsur dapat kita tentukan menggunakan rumus Lewis.

Perhatikan contoh kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi pada reaksi berikut ini:

Na2 + Cl2 → 2Na+ + 2Cl

Perhatikan unsur-unsur sebelum reaksi dan sesudah reaksi. Awalnya, unsur Na sebelum bereaksi memiliki bilangan oksidasi 0, namun setelah bereaksi bilangan oksidasinya naik menjadi +1. Sehingga pada unsur Na terjadi reaksi oksidasi yang mengakibatkan unsur Na berperan sebagai reduktor.

Sekarang kita perhatikan unsur Cl, awalnya unsur Cl sebelum reaksi memiliki bilangan oksidasi yang sama seperti unsur Na yaitu 0, namun setelah bereaksi bilangan oksidasi turun menjadi -1. Sehingga pada unsur Cl terjadi reaksi reduksi yang mengakibatkan unsur Cl berperan sebagai oksidator. Sudah Paham? Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan