10 Contoh Sifat Koligatif Larutan dalam Kehidupan Sehari – Hari

Contoh sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali dan bahkan kita sering menjumpai dan menerapkannya. Berikut ini adalah 10 contoh sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari – hari:

  1. Pengawetan Makanan. Salah satu bahan pengawet makanan adalah garam dapur karena dapat membunuh mikroba penyebab makanan busuk.
  2. Mesin Cuci Darah yang menggunakan metode Dialisis, yakni proses perpindahan molekul-molekul kecil seperti Urea melalui membran Semipermeabel dan masuk ke cairan lain. Membran tak dapat ditembus oleh molekul besar seperti Protein sehingga akan tetap berada di dalam darah.
  3. Antibeku yang digunakan untuk mencairkan Salju pada daerah yang memiliki musim salju, pada setiap jalanan yang tertutup salju ditaburi garam NaCl dan CaCl2, Garam dapat mencairkan salju.
  4. Pemurnian air laut yang dilakukan dengan cara Osmosis balik dengan memberi tekanan pada permukaan air laut yag lebih besar daripada tekanan osmotiknya.
  5. Penyerapan Air oleh Akar Tanaman yang disebabkan karena tanaman mengandung zat-zat terlarut sehingga konsentrasinya lebih tinggi daripada air di sekitar tanaman.
  6. Penggunaan garam dapur dalam pembuatan es putar
  7. Makanan yang direbus dengan menggunakan banyak rempah atau bumbu akan lebih cepat matang dibandingkan makanan yang direbus dengan air murni
  8. Perpindahan larutan antar sel
  9. Pembuatan kolam apung
  10. Tingginya kadar garam di laut mati

Tinggalkan Balasan