Skema Spermatogenesis dan Oogenesis pada Manusia beserta Penjelasannya

Sel gamet terdiri atas gamet jantan (spermatozoa) yang dihasilkan di testis dan gamet betina (ovum) yang dihasilkan di ovarium. Proses pembentukan gamet atau sel kelamin disebut Gametogensis. Gametogenesis terbagi menjadi dua yaitu spermatogenesis dan oogenesis.

1. Skema Spermatogensis

Gambar Skema Spermatogenesis
Gambar Skema Spermatogenesis

Spermatogenesis adalah proses pembentukan sel spermatozoa yang terjadi di organ kelamin jantan yaitu testis tempatnya di tubulus seminiferus. Spermatogenesis terdiri dari tiga fase, yaitu spermatositogenesis, meiosis, spermiogenesis.

  • Spermatositogenesis, pada fase ini spermatogonium membelah melalui tahap pembelahan mitosis menghasilkan generasi sel baru berupa spermatosit.
  • Meiosis, pada fase ini spermatosit mengalami 2 kali pembelahan secara berturutan dengan mereduksi sampai ½ jumlah kromosom dan jumlah DNA per sel dan menghasilkan spermatid.
  • Spermiogenesis, pada fase ini spermatid mengalami proses sitodiferensiasi sehingga menghasilkan spermatozoa. Sel sperma yang terbentuk tersebut bersifat haploid (n).

Sepermatogenesis tidak berlangsung secara serentak dalam semua tubulus seminiferus tetapi secara bergelombang, siklus spermatogenesis berlangsung selama kurang lebih 64 hari.

Pelajari Juga:  10 Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis Tabel

2. Skema Oogenesis

Gambar Skema Oogenesis
Gambar Skema Oogenesis

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur (ovum) di dalam ovarium. Tidak seperti spermatogenesis yang dapat menghasilkan jutaan spermatozoa dalam waktu yang bersamaan, oogenesis hanya mampu menghasilkan satu ovum matang sekali waktu.

Oogenesis dimulai dengan pembentukan bakal sel-sel telur yang disebut oogonium. Pembentukan sel telur pada manusia dimulai sejak di dalam kandungan, yaitu di dalam ovari fetus perempuan. Pada akhir bulan ketiga usia fetus, semua oogonium yang bersifat diploid telah selesai dibentuk dan siap memasuki tahap pembelahan.

Pada pembelahan pertama, semua oogonium membelah secara mitosis menghasilkan oosit primer. Selanjutnya, semua oosit primer membelah secara meiosis, tetapi hanya sampi fase profase I. Pembelahan meiosis tersebut berhenti hingga bayi perempuan dilahirkan, ovariumnya mampu menghasilkan sekitar 200 ribu hingga 2 juta oosit primer, namun hanya sekitar 40 ribu yang tersisa saat anak perempuan pubertas dan hanya 400 yang akan matang atau berkembang sempurna.

Memasuki masa pubertas, oosit primer melanjutkan pembelahan meiosis I, hasil pembelahan tersebut berupa dua sel haploid, satu sel yang besar disebut oosit sekunder dan satu sel yang berukuran lebih kecil disebut badan kutub primer.

Pelajari Juga:  Ciri-Ciri Bioteknologi Modern

Pada tahap selanjutnya, oosit sekunder dan badan kutub primer akan mengalami pembelahan meiosis II. Pada saat itu, oosit sekunder akan membelah menjadi dua sel, yaitu atu sel berkuran normal disebut ootid dan satu sel lagi yang berkuran lebih kecil disebut badan polar sekunder.

Badan kutub tersebut bergabung dengan dua badan kutub sekunder lainnya yang berasal dari pembelahan badan kutub primer sehingga diperoleh tiga badan kutub sekunder. Ootid mengalami perkembangan lebih lanjut menjadi ovum matang, sedangkan ketiga badan kutub mengalami degenerasi (hancur).

Ovum atau sel telur yang matang diovulasikan (dikeluarkan dari ovarium) selama siklus reproduksi perempuan.

Tinggalkan Balasan