Soal Penilaian Harian Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan

Soal No. 1

Lengkapilah tabel istilah berikut dengan benar!

No.IstilahPenjelasan
1.Cuaca
2.Stalagmite
3.Metamorf
4.Batu obsidian
5.Pelapukan fisika
6.Pelapukan kimia
7.Pelapukan biologi
8.Erosi
9.Topografi
10.Karst

Jawaban:

No.IstilahPenjelasan
1.CuacaCuaca adalah keadaan udara di atmosfer pada waktu dan tempat tertentu yang sifatnya tidak menentu dan berubah-ubah
2.StalagmiteStalagmite adalah pembentukan gua secara vertical. Stalagmite terbentuk dari kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes.
3.MetamorfMetamorf adalah salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya.
4.Batu obsidianBatu obsidian adalah kaca vulkanik alami yang berupa batuan beku ekstrusif.
5.Pelapukan fisikaPelapukan fisika adalah pelapukan yang disebabkan oleh proses fisika.
6.Pelapukan kimiaPelapukan kimia adalah pelapukan yang menghancurkan masa batuan yang disertai perubahan struktur kimiawinya.
7.Pelapukan biologiPelapukan biologi adalah pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup.
8.ErosiErosi adalah suatu peristiwa yang terjadi secara alami oleh pengikisan padatan akibat transportasi oleh angin, tanah, dan material lain.
9.TopografiTopografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain seperti planet, satelit alami, dan asteroid.
10.KarstKarst adalah Kawasan batu gamping.
Pelajari Juga:  20 Soal Essay tentang Sistem Peredaran Darah SMP Kelas 8

Soal No. 2

Tanah sangat penting bagi kehidupan dan organisme yang ada di dalamnya. Pernahkah kamu berpikir darimanakah asal tanah? Coba kamu tuliskan bagaimana proses pembentukan tanah dengan bahasamu sendiri!

Jawaban:

Tanah merupakan hasil dari pelapukan yang terjadi pada batuan yang memiliki komposisi yang bermacam-macam. Ada tanah yang berpasir ada juga tanah yang halus. Batuan yang berada di atas permukaan tanah akan mengalami perubahan secara terus-menerus karena adanya pengaruh dari lingkungan.

Perubahan cuaca, suhu, dan tekanan udara dapat menyebabkan batuan memuai, kemudian pecah menjadi batuan-batuan yang lebih kecil lagi. Batuan-batuan ini lama-kelamaan akan menjadi butiran-butiran halus.

Apabila terjadi hujan, butiran-butiran halus tersebut kemudian akan terbawa oleh air dan mengendap di daerah aliran. Pengendapan inilah yang nantinya menyebabkan munculnya tumpukan atau lapisan tanah yang kaya akan mineral.

Selain itu, pelapukan batuan juga dapat disebabkan oleh tumbuhan. Tumbuhan yang hidup di atas batuan dapat menyebabkan lapuknya berbagai jenis batuan. Apabila berlangsung dalam waktu yang cukup lama, batuan akan pecah menjadi butiran-butiran halus.

Pelajari Juga:  15 Soal Essay tentang Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan

Soal No. 3

Tuliskan dan jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pelapukan batuan!

Jawaban:

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pelapukan batuan diantaranya yaitu cuaca, air, dan kegiatan makhluk hidup.  Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan misalnya suhu dan curah hujan. Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca disebut pelapukan fisika.

Pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup misalnya pepohonan dan lumut, disebut pelapukan biologi. Selain itu, batuan juga dapat lapuk karena proses kimiawi. Di manan pelapukan kimiawi biasanya dibantu oleh air dan suhu yang tinggi.

Soal No. 4

Jelaskan tentang gejala karst berikut ini!

a. Stalagmit

b. Dolina

Jawaban:

a. Stalagmit adalah kerucut kapur yang berada di dasar gua.

b. Dolina yaitu lubang-lubang yang berbentuk corong. Dolina dapat terbentuk karena erosi atau reruntuhan. Puncak-puncak pegunungan kapur merupakan akibat dari pembentukan dolina. Puncak-puncak itu adalah sisa dari pelarutan, sedangkan lembah-lembah di sekitarnya adalah dolina yang melebur.