Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

Sistem peredaran darah pada manusia dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil.

1. Sistem Peredaran Darah Besar

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil
Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil Image via pembelajaran.net

Sistem peredaran darah besar disebut juga sebagai peredaran tubuh karena darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.

Urutan aliran darah pada sistem peredaran darah besar yaitu dimulai ketika darah bersih di dalam bilik kiri jantung dipompa masuk ke dalam aorta. Aorta bercabang menuju ke bagian atas tubuh (kepala dan tangan) dan menuju ke bagian bawa tubuh.

Aorta yang menuju ke bagian bawah tubuh ada yang menuju ke hati, usus, lambung, ginjal, anggota tubuh, dan ke jaringan tubuh bagian bawah. Dari organ-organ tersebut, darah akan kembali lagi ke jantung melalui vena kava superior dan vena kava inferior. Kemudian masuk ke serambi kiri jantung.

Urutan siklus peredaran darah besar: bilik kiri – aorta – arteri – tubuh – vena – serambi kanan

2. Sistem Peredaran Darah Kecil

Sistem Peredaran Darah Kecil
Sistem Peredaran Darah Kecil Image via imgix2.ruangguru.com

Sistem peredaran darah kecil disebut juga peredaran darah paru-paru. Urutan peredaran darah pada sistem peredaran darah kecil dimulai dari darah yang penuh dengan karbon dioksida dan sisa-sisa metabolisme yang berada di dalam bilik kanan jantung terpompa keluar akibat kontraksi jantung, menuju ke arteri pulmonalis.

Pelajari Juga:  7 Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan beserta Gambarnya dan Cara Pencegahannya

Arteri pulmonalis bercabang dua, satu ke paru-paru kiri dan satu ke paru-paru kanan. Sesampainya di paru-paru, karbon dioksida dilepaskan dari tubuh kemudian darah mengikat oksigen.

Dari paru-paru, darah yang kaya oksigen mengalir ke dalam vena pulmonalis kiri dan kanan. Vena pulmonalis kiri dan kanan kemudian bersatu menjadi vena pulmonalis. Setelah melewati vena pulmonalis, darah yang penuh dengan oksigen masuk ke serambi kiri jantung.

Urutan peredaran darah kecil: bilik kanan – arteri pulmonalis – paru-paru – vena pulmonalis – serambi kiri